Mengenal Lebih Dekat Bawang Dayak si Umbi Ajaib dari Kalimantan

Mengenal Lebih Dekat Bawang Dayak si Umbi Ajaib dari Kalimantan
Bawang dayak menjadi salah satu tanaman herbal yang sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman tersebut sepintas memiliki kemiripan dengan bawang merah yang biasa kita temukan di dapur untuk memasak, tetapi sangat jelas berbeda. Pasalnya, bawang yang satu ini berbeda jenis dan sangat berkhasiat.

Masyarakat lokal Kalimantan sudah sejak zaman dulu memanfaatkan bawang dayak untuk mengobati berbagai penyakit, seperti demam, kulit digigit serangga, dan lain sebagainya. Selanjutnya, oleh pakar obat-obatan modern menyempurnakan tanaman ini untuk dijadikan sebuah obat atau ramuan herbal yang mujarab untuk menyembuhkan penyakit yang berbahaya dan mematikan.

Banyak Nama Banyak Khasiat

Bawang jenis ini oleh masyarakat Indonesia memiliki sebutan yang berbeda. Misalnya, bawang hantu, bawang sabrang, babawangan beureum, bawang siyem, brambang sabrang, teki sabrang, bawang sayup, bawang lubak, dan lain sebagainya. Namun oleh para peneliti bidang obat herbal lebih akrab dikenal dengan bawang dayak.

Ciri yang bisa membedakan dengan jenis bawang yang lain, yaitu tanaman herbal ini memiliki umbi tanaman yang berwarna merah menyala, serta permukaannya yang sangat licin. Sementara itu, letak daunnya berpasangan dengan komposisi yang bercirikan bersirip ganda. Bentuk daun seperti pita dan bergaris.

Masyarakat tradisional biasanya memanfaatkannya pada bagian umbi, karena di situlah khasiat bawang berada. Tinggi tanaman bawang dayak sekitar 26 – 50 cm. Batangnya tumbuh dengan tegak atau merunduk. Sementara umbinya berbentuk seperti kerucut dan berwarna merah menyala. Bunganya berwarna putih dengan ciri bunga tunggal. Cukup unik dan menarik untuk dijadikan sebuah tanaman hias di rumah.

Kandungan Khasiat Bawang Dayak

Para ahli pengobatan modern telah meneliti tanaman ini serta mengidentifikasi berbagai kandungan di dalamnya. Perlu Anda ketahui bahwa bawang dayak mengandung beberapa zat Fitokimia, seperti Glikosika, Flavanoid, Alkaloid, Fenolik, dan Steroid. Semuanya merupakan sumber dari bahan-bahan biofarmaka yang penting untuk pengembangan tanaman obat modern.

Jadi, bahan-bahan kimiawi di dalamnya sangat bermanfaat untuk dijadikan bahan dasar untuk pembuatan obat-obatan modern saat ini. Tentu saja bahan-bahan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Sebagai contoh, senyawa-senyawa Flavanoid, Alkaloid, Saponin, dan Glikosida diketahui sangat ampuh untuk menurunkan kadar glukosa di dalam darah. Dengan begitu, bahan tersebut sangat berkhasiat untuk dijadikan obat diabetes melitus. Lain halnya dengan zat Tanin, yang diketahui dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit perut.

Itu hanyalah sebagian kecil dari khasiat yang terkandung dalam bawang dayak. Masih banyak lagi khasiatnya yang belum disampaikan di sini. Namun demikian, tidak ada salahnya Anda lebih lanjut mengetahui mengenai khasiat bawang dayak.





JUAL BAWANG DAYAK
Tertarik Mencoba Bawang Dayak? Ingin Order Bawang Dayak?


Bawang Dayak / Bawang Tiwai/ Bawang Sabrang (Eleutherine palmifolia Merr) memiliki kandungan fotokimia antara lain alkaloid, glikosida, flavanoid, fenolik, steroid dan zat tannin yang merupakan sumber biofarmaka potensial. Alkaloid merupakan bahan organik yang mengandung nitrogen sebagai bagian dari heterosiklik. Senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah yang sangat bermanfaat untuk pengobatan diabetes melitus, Bahkan alkaloid yang ada dapat berfungsi sebagai anti mikroba.

Bawang dayak berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit, dari ringan sampai berat antara lain: diabetes, asam urat, hipertensi / darah tinggi, radang usus, ginjal, prostat, segala jenis kanker dan tumor (kista, myom, kanker payudara, kanker rahim, kanker kelenjar getah bening, kanker paru paru, kanker usus dll), TBC, asma, migrain, vertigo, ambeien, stroke, kolesterol, bronkhitis, hepatitis, diabetes mellitus, jantung koroner, hipertensi, radang rektum, asam urat, radang prostat, peluruh lemak, bisul, rematik, amandel, maag, gangguan pencernaan lambung, gondok, gangguan seksual/vitalitas, keputihan, pelupa/menurunnya fungsi ingatan dan semua penyakit kronis yg berhubungan dengan darah

Aturan pakai (untuk semua jenis penyakit) :
- Ambil 5-6 butir bawang, cuci bersih, dan potong kecil-kecil
- Rebus bawang dengan 2 gelas air hingga air berkurang setengahnya
- Minum air rebusan bawang, sehari 2x

Bawang Dayak Segar
Harga : Rp.60.000/kg
Beli 4 kg Gratis 1 kg
Bawang Dayak Kering
Rajangan : Rp.150.000/kg
Serbuk : Rp.175.000/kg

Order via SMS / Whatsapp ke :
0857-5253-3377
PIN BBM :
D3BD9D75
Kirim SMS/Whatsapp dengan format :
NAMA, ALAMAT LENGKAP, NO. HP, PRODUK YG DIPESAN, JUMLAH PESANAN
Contoh : 
Ahmad Wahyudi, Jl. Mampang Prapatan II No. 15 RT. 36 RW. 11 Jakarta Selatan 12790, HP. 0813264575788, Bawang Dayak, 1 Kg
  • Setelah menerima SMS Anda, segera kami balas dengan total harga dan ongkos kirim serta nomor rekening transfer (BCA) untuk pembayaran.
  • Begitu transfer kami terima, barang segera kami kirim dan no resi pengiriman akan kami beritahukan via SMS/Whatsapp.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.