Cara Mengolah Bawang Dayak Sampai Menjadi Obat

Cara Mengolah Bawang Dayak Sampai Menjadi Obat
Cara Mengolah Bawang Dayak Sampai Menjadi Obat - Jika anda ingin mengetahui cara mengolah bawang dayak sehingga bisa dijadikan obat, maka itu salah satu langkah terbaik. Sebagaiamana diketahui bahwa berdasarkan banyak penelitian, bawang dayak memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa. Khasiatnya sangat baik untuk pengobatan beragam jenis penyakit, serta bagus dikonsumsi untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Bawang ini kaya akan zat antioksidan yang bisa menangkal beragam radikal bebas yang bisa menjadi sumber penyakit dalam tubuh.

Mulai dari Proses Pemilihan Bawang

Pada saat anda akan mempraktekan cara mengolah bawang dayak menjadi obat, anda bisa memulainya dari proses pemilihan bawang. Bawang dayak yang akan dipilih untuk kemudian dijadikan obat haruslah benar-benar yang paling bagus atau yang berkualitas super. Kenapa? Itu agar hasil yang didapatkan nanti bisa sesuai dengan apa yang seharusnya.

Mengenai bawang dayak itu sendiri, anda bisa membudidayakan atau menanamnya sendiri atau dengan membelinya. Jika anda akan menanam sendiri, maka butuh waktu untuk memilih bibit yang bagus dengan perawatan yang benar juga. Sementara itu jika anda tak punya waktu untuk menanamnya terlebih dahulu, cara mudahnya anda bisa beli di pasaran.

Pengolahan Bawang Dayak Segar Pasca Panen

Kalau anda menanamnya sendiri, maka ada proses pengolahan pasca panen. Setelah anda yakin sudah waktunya untuk memanen bawang dayak itu, selanjutnya anda perlu membersihkannya. Adapun cara pembersihan yang bisa anda lakukan cukup mudah yakni dengan memisahkan tanah yang melekat pada bagian akar dan umbi bawang tersebut. Cara termudah membersihkannya adalah dengan menggunakan air.

Setelah bersih, sebetulnya anda bisa langsung mengonsumsinya. Akan tetapi agar lebih tahan lama, anda bisa mengeringkannya. Namun sebelum masuk ke tahapan pengeringan, anda perlu mengiris atau merajangnya terlebih dahulu.

Proses Pengeringan Bawang Dayak

Setelah bawang tersebut dibersihkan yakni dipisahkan dari sisa tanah yang menempel, anda kemudian harus mengirisnya dalam ukuran yang sama. Kenapa? Agar pas dikeringkan, tidak ada yang kering duluan dan tidak ada bagian irisan bawang yang rusak.

Nah setelah proses pengirisan selesai dilakukan, tahapan penting selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengeringkannya. Proses pengeringan memang bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara. Pada umumnya pengeringan dilakukan dengan cara alami yakni dengan menjemurnya di bawah terik matahari. Akan tetapi jika anda akan mengeringkannya menggunakan open atau semacamnya, pastikan suhunya antara 40-60 derajat celcius saja.

Proses Pembuatan Bawang Dayak Serbuk

Sebetulnya setelah bawang dayak tersebut dikeringkan, itu sudah cukup dan bisa langsung dikonsumsi untuk pengobatan dan mendapatkan khasiat kesehatan lainnya. Akan tetapi, ada juga yang melanjutkannya ke tahapan lebih lanjut yakni proses penepungan sampai menjadi serbuk halus.

Di pasaran, kita bisa menemukan beragam jenis bawang dayak yang dijual termasuk jenis bawang dayak serbuk. Konsumsi bawang bubuk memang bisa lebih mudah karena hanya perlu menyeduhnya dengan air panas layaknya teh dan kopi. Bahkan sebagian ada yang memasukannya kedalam kapsul kosong yang bisa dibeli di toko-toko obat..

Demikian langkah-langkah cara mengolah bawang dayak sampai menjadi obat. Bbeberapa proses yang bisa dilakukan saat akan melakukan pengolahan bawang dayak sendiri. Semua proses memang penting untuk diketahui meski sebetulnya bawang dayak dalam kondisi segar pun sudah bisa dikonsumsi.

Dengan mengetahui semua proses itu, maka anda bisa tahu bagaimana cara yang harus dilakukan untuk menghasilkan produk-produk bawang dayak yang selama ini banyak dijual. Selain anda bisa langsung membelinya dengan mudah, namun jika mau anda juga bisa belajar pengolahan bawang dayak.



JUAL BAWANG DAYAK
Tertarik Mencoba Bawang Dayak? Ingin Order Bawang Dayak?


Bawang Dayak / Bawang Tiwai/ Bawang Sabrang (Eleutherine palmifolia Merr) memiliki kandungan fotokimia antara lain alkaloid, glikosida, flavanoid, fenolik, steroid dan zat tannin yang merupakan sumber biofarmaka potensial. Alkaloid merupakan bahan organik yang mengandung nitrogen sebagai bagian dari heterosiklik. Senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah yang sangat bermanfaat untuk pengobatan diabetes melitus, Bahkan alkaloid yang ada dapat berfungsi sebagai anti mikroba.

Bawang dayak berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit, dari ringan sampai berat antara lain: diabetes, asam urat, hipertensi / darah tinggi, radang usus, ginjal, prostat, segala jenis kanker dan tumor (kista, myom, kanker payudara, kanker rahim, kanker kelenjar getah bening, kanker paru paru, kanker usus dll), TBC, asma, migrain, vertigo, ambeien, stroke, kolesterol, bronkhitis, hepatitis, diabetes mellitus, jantung koroner, hipertensi, radang rektum, asam urat, radang prostat, peluruh lemak, bisul, rematik, amandel, maag, gangguan pencernaan lambung, gondok, gangguan seksual/vitalitas, keputihan, pelupa/menurunnya fungsi ingatan dan semua penyakit kronis yg berhubungan dengan darah

Aturan pakai (untuk semua jenis penyakit) :
- Ambil 5-6 butir bawang, cuci bersih, dan potong kecil-kecil
- Rebus bawang dengan 2 gelas air hingga air berkurang setengahnya
- Minum air rebusan bawang, sehari 2x

Bawang Dayak Segar
Harga : Rp.60.000/kg
Beli 4 kg Gratis 1 kg
Bawang Dayak Kering
Rajangan : Rp.150.000/kg
Serbuk : Rp.175.000/kg

Order via SMS / Whatsapp ke :
0857-5253-3377
PIN BBM :
D3BD9D75
Kirim SMS/Whatsapp dengan format :
NAMA, ALAMAT LENGKAP, NO. HP, PRODUK YG DIPESAN, JUMLAH PESANAN
Contoh : 
Ahmad Wahyudi, Jl. Mampang Prapatan II No. 15 RT. 36 RW. 11 Jakarta Selatan 12790, HP. 0813264575788, Bawang Dayak, 1 Kg
  • Setelah menerima SMS Anda, segera kami balas dengan total harga dan ongkos kirim serta nomor rekening transfer (BCA) untuk pembayaran.
  • Begitu transfer kami terima, barang segera kami kirim dan no resi pengiriman akan kami beritahukan via SMS/Whatsapp.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.